Media Pembelajaran
1. Berikut ini adalah beberapa pengertian dan unsur-unsur dari sebuah media pembelajaran, silahkan dibaca :)
Apa
pengertian media pembelajaran menurut
saya?
Menururt
saya media pembelajaran adalah segala sesuatu, alat ataupun bahan yang
digunakan sebagai perantara dalam menyampaikan informasi, untuk memudahkan guru
dan siswa dalam proses pembelajaran, dan juga untuk merangsang pemikiran siswa
supaya pembelajaran yang terjadi lebih berbobot.
2. Klasifikasi
media pembelajaran menurut para ahli
a. Menurut
Kemp dan Dayton (1985):
Mengelompokkan media ke dalam
delapan jenis, yaitu:
1) Media cetakan
Yaitu meliputi bahan-bahan yang
disiapkan di atas kertas untuk pengajaran dan informasi. Misalnya buku teks,
lembaran penuntun, penuntun belajar, penuntun instruktur, brosur, dan teks
terpogram.
2) Media pajang
Pada umumnya digunakan untuk menyampaikan
pesan atau informasi di depan kelompok kecil. Misalnya papan tulis, flip chart,
papan magnet, papan kain, papan buletin, dan pameran.
3) OHP dan transparansi
Transparansi yang diproyeksikan
adalah visual baik berupa huruf, lambang, gambar, grafik atau gabungannya pada
lembaran tembus pandang atau plastik yang dipersiapkan untuk diproyeksikan ke
sebuah layar atau dinding.
4) Rekaman audiotape
Pesan dan isi pelajaran dapat
direkam pada tape magnetik sehingga hasil rekaman itu dapat diputar kembali
pada saat diinginkan.
5) Seri slide (film bingkai) dan
filmstrips
Adalah suatu film transparansi yang
berukuran 35 mm dengan bingkai 2 x 2 inci. Bingkai tersebut terbuat dari karton
atau plastik. Film bingkai diproyeksikan melalui slide proyektor. Program
kombinasi film bingkai bersuara pada umumnya berkisar 10 sampai 30 menit dengan
jumlah gambar 10 sampai 100 buah.
6) Penyajian multi-image
Media berbasis visual (image atau
perumpamaan) dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia
nyata. Bentuk visualnya berupa gambar representasi seperti gambar, lukisan atau
foto yang menununjukkan bagaimana suatu benda. Diagram yang melukiskan hubungan
konsep, organisasi, dan struktur materi.
7) Rekaman video dan film hidup
Film atau gambar hidup merupakan
gambar-gambar dalam frame di mana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa
proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar hidup.
8) Komputer
Mesin yang dirancang khusus untuk
memanipulasi yang diberi kode, mesin elektronik yang otomatis melakukan
pekerjaan dan perhitungan sederhana dan rumit. satu unit komputer terdiri atas
empat komponen dasar, yaitu input (keybord dan writing pad), prosesor (CPU:
unit pemroses data yang diinput), penyimpanan data (memori permanen/ROM, sementara
RAM), dan output (monitor, printer).
b. Edgar
Dale mengklasifikasikan media pembelajaran berdasarkan pengalaman belajar anak
didik, yaitu dari yang bersifat konkrit sampai yang bersifat abstrak.
Pengalaman itu meliputi:
a. Pengalaman melalui lambang kata/verbal
b. Pengalaman melalui lambang visual
c. Pengalaman melalui lambang foto album
d. Pengalaman melalui rekaman, video, gambar.
e. Pengalaman melalui gambar hidup
f. Pengalaman melalui televisi
g. Pengalaman melalui model (benda tiruan)
a. Pengalaman melalui lambang kata/verbal
b. Pengalaman melalui lambang visual
c. Pengalaman melalui lambang foto album
d. Pengalaman melalui rekaman, video, gambar.
e. Pengalaman melalui gambar hidup
f. Pengalaman melalui televisi
g. Pengalaman melalui model (benda tiruan)
c. Bretz,
mengelompokkan media kedalam tujuh kelas, yaitu:
a. Kelas
1: media audio-motion-visual
Media yang paling lengkap dalam penggunaan di kelas dengan segala kemampuan audio dan visual yaitu meliputi: telivisi, sound, film, video tape, dan film tape recording.
Media yang paling lengkap dalam penggunaan di kelas dengan segala kemampuan audio dan visual yaitu meliputi: telivisi, sound, film, video tape, dan film tape recording.
b. Kelas
II: media audio-still-visual
Media ini dapat menampilkan suara maupun gambar tanpa gerak misalnya: sound, film-strip, sound slide set.
Media ini dapat menampilkan suara maupun gambar tanpa gerak misalnya: sound, film-strip, sound slide set.
c. Kelas
III: media audio-still-audio yaitu media yang dapat menampilkan suatu motion
yang berupa titik-titik penuh atau utuh misalnya: telewriting dan recorder
telewriting.
d. Kelas
IV; media audio-still-visual: seperti media kelas dua kecuali suara audio,
yaitu berupa media silent film.
e. Kelas
V: media audio-still visual: berkemampuan untuk menyampaikan informasi secara
visual tetapi tidak dapat menyajikan motion. Yang termasuk kedalam media ini
ialah halaman cetak, film-strip, gambar.
f. Kelas
VI: Media audio-still, yaitu media yang menggunakan suara semata-mata sperti
radio dan tape recorder.
g. Kelas
VII: media yang hanya menampilkan symbol-symbol yang berisikan informasi.