Pembelajaran “MEGA MENDUNG”
Berikut ini adalah rancangan model pembelajaran buatan saya, silahkan dibaca :)
Pembelajaran “MEGA MENDUNG”
(Memakai Gaya Belajar yang Mendukung)
A. Latar
Belakang
Zaman sekarang
pembelajaran individual sangat penting, karena pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas itu di rasa kurang cukup untuk memenuhi
kebutuhan ilmu peserta didik.
Pembelajaran individual dilakukan oleh seorang individu dalam rangka mencapai
sebuah tujuan atau menggali lebih dalam sebuah ilmu, namun kadang pembelajaran
individual yang dilakukan oleh seorang individu itu tidak berjalan dengan lancar. Hal itu dikarenakan si individu ini tidak dapat menemukan apapun saat pembelajaran
individual dilakukan. Hal ini terjadi karena si individu sendiri belum paham
bagaimana gaya belajar yang mereka pakai, meskipun gaya belajar ini bisa
berubah-ubah karena faktor-faktor tertentu.
Jadi
pembelajaran “MEGA MENDUNG” ini menekankan bagaimana gaya belajar si individu
supaya dalam pelaksanaan pembelajaran individual, si individu bisa melakukan praktek dengan maksimal
dan mendapat hasil yang diharapkan.
B. Prinsip
Model Pembelajaran
Model Pembelajaran “MEGA MENDUNG” ini memiliki prinsip – prinsip, di antaranya:
1. Berorientasi pada teori
konstruktivistik
Peserta didik
membangun pengetahuannya sendiri, dan diberi kebebasan dalam menyampaikan
pendapat yang telah didapatkan melalui konstruksi pemikirannya
sendiri.
2. Prosesnya berdasarkan pembelajaran beraneka
sumber (Resourced-Based Learning)
Jadi peserta didik tidak dibatasi darimana saja dia mendapat ilmu
atau pengetahuan, entah dari orang, buku, komputer, dan lain-lain. Yang
dibatasi adalah cakupan materinya, dan pembatasan cakupan materi ini adalah
tugas dari pendidik.
3. Prinsip dasarnya adalah gaya belajar.
Menurut DePorter dan Hernacki (2002), gaya belajar adalah kombinasi
dari menyerap, mengatur, dan mengolah informasi. Gaya belajar ini sangat
penting dalam penyerapan dan penggalian pengetahuan peserta didik, karena jika gaya belajar yang
diterapkan dalam sebuah pembelajaran itu tidak sesuai maka hasilnya tidak akan
maksimal.
C. Tahapan Pembelajaran “MEGA MENDUNG”
Berikut ini
adalah tahapan dari model pembelajaran “MEGA MENDUNG”, yaitu:
1. Analisis Peserta Didik
Dalam
model pembelajaran ini diperlukan analisis peserta didik dalam hal gaya
belajar. Karena sesuai dengan model pembelajarannya yaitu gaya belajar dan juga diharapkan dalam pelaksanaan pembelajaran
individualnya si peserta didik bisa mencapai hasil belajar yang maksimal. Dalam analisis
peserta didik ini yang berperan adalah pendidik. Pendidik memberikan sebuah pre-tes dimana tes ini berhubungan
dengan gaya belajar si peserta didik.
2. Pengelompokkan
Setelah
analisis peserta didik dilakukan oleh pendidik, selanjutnya adalah
pengelompokkan sesuai dengan gaya belajar masing-masing peserta didik. Jadi beberapa peserta didik yang memiliki gaya belajar yang
sama dikelompokkan menjadi satu. Hal itu dimaksudkan agar mempermudah
peserta didik dalam sebuah pembelajaran.
3. Pemberian Materi
Setelah
pengelompokkan, lalu pendidik memberikan materi secara garis besarnya, setelah
itu pendidik memberikan instruksi mengenai materi yang harus dicari oleh peserta
didik, setiap kelompok diberikan materi yang sama dan tugas dengan tingkat
kesulitan yang sama.
4. Pembelajaran Mandiri
Pembelajaran
mandiri ini dilakukan oleh peserta didik. Peserta didik bebas mencari materi dengan media apa saja
dengan cara apa saja sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing.
5. Diskusi
Setelah
pencarian materi oleh individu atau pembelajaran mandiri, lalu langkah
selanjutnya adalah diskusi di dalam
kelas. Di dalam kelas dilakukan diskusi
tentang pendapat-pendapat yang didapat oleh masing-masing peserta didik dalam
kelompok. Tugas
pendidik disini adalah meluruskan pernyataan-pernyataan dari peserta didik, namun jangan membuang suatu pendapat dari
peserta didik, cukup diluruskan saja.
6. Kesimpulan
Setelah
diskusi dan pendapat dari peserta didik diluruskan oleh pendidik, lalu
selanjutnya masing-masing kelompok gaya belajar itu menyimpukan suatu
kesimpulan pada diskusi tersebut.
D. Evaluasi Model Pembelajaran “MEGA
MENDUNG”
Bentuk
evaluasi dari model pembelajaran ini adalah dengan menulis essay secara
mandiri/individu. Dengan evaluasi bentuk essay ini penidik akan mengetahui
hasil dari pembelajaran individual yang dilakukan oleh peserta didik. peserta
didik melalui evaluasi ini dapat mengetahui bagaimana dia mengolah informasi
yang didapatkannya sesuai dengan gaya belajarnya. Namun dengan model test essay
ini akan membuat pendidik bekerja dua kali lebih keras karena setiap jawaban
dari peserta didik akan berbeda, sesuai dengan informasi yang didapat dan
bagaimana proses mengolahnya.