Pembelajaran “MEGA MENDUNG”


Berikut ini adalah rancangan model pembelajaran buatan saya, silahkan dibaca :)


Pembelajaran “MEGA MENDUNG”
(Memakai Gaya Belajar yang Mendukung)

A.  Latar Belakang
Zaman sekarang pembelajaran individual sangat penting, karena pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas itu di rasa kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan ilmu peserta  didik. Pembelajaran individual dilakukan oleh seorang individu dalam rangka mencapai sebuah tujuan atau menggali lebih dalam sebuah ilmu, namun kadang pembelajaran individual yang dilakukan oleh seorang individu itu tidak berjalan dengan lancar. Hal itu dikarenakan si individu ini tidak dapat menemukan apapun saat pembelajaran individual dilakukan. Hal ini terjadi karena si individu sendiri belum paham bagaimana gaya belajar yang mereka pakai, meskipun gaya belajar ini bisa berubah-ubah karena faktor-faktor tertentu.
Jadi pembelajaran “MEGA MENDUNG” ini menekankan bagaimana gaya belajar si individu supaya dalam pelaksanaan pembelajaran individual, si individu bisa melakukan praktek dengan maksimal dan mendapat hasil yang diharapkan.

B.  Prinsip Model Pembelajaran
Model Pembelajaran “MEGA MENDUNG” ini memiliki prinsip – prinsip, di antaranya:
1.    Berorientasi pada teori konstruktivistik
Peserta didik membangun pengetahuannya sendiri, dan diberi kebebasan dalam menyampaikan pendapat yang telah didapatkan melalui konstruksi pemikirannya sendiri.
2.    Prosesnya berdasarkan pembelajaran beraneka sumber (Resourced-Based Learning)
 Jadi peserta didik  tidak dibatasi darimana saja dia mendapat ilmu atau pengetahuan, entah dari orang, buku, komputer, dan lain-lain. Yang dibatasi adalah cakupan materinya, dan pembatasan cakupan materi ini adalah tugas dari pendidik.
3.    Prinsip dasarnya adalah gaya belajar.
Menurut DePorter dan Hernacki (2002), gaya belajar adalah kombinasi dari menyerap, mengatur, dan mengolah informasi. Gaya belajar ini sangat penting dalam penyerapan dan penggalian pengetahuan peserta didik, karena jika gaya belajar yang diterapkan dalam sebuah pembelajaran itu tidak sesuai maka hasilnya tidak akan maksimal.

C.     Tahapan Pembelajaran “MEGA MENDUNG”
Berikut ini adalah tahapan dari model pembelajaran “MEGA MENDUNG”, yaitu:
1.      Analisis Peserta Didik
Dalam model pembelajaran ini diperlukan analisis peserta didik dalam hal gaya belajar. Karena sesuai dengan model pembelajarannya yaitu gaya belajar dan juga diharapkan dalam pelaksanaan pembelajaran individualnya si peserta didik bisa mencapai hasil belajar yang maksimal. Dalam analisis peserta didik ini yang berperan adalah pendidik. Pendidik memberikan sebuah pre-tes dimana tes ini berhubungan dengan gaya belajar si peserta didik.

2.      Pengelompokkan
Setelah analisis peserta didik dilakukan oleh pendidik, selanjutnya adalah pengelompokkan sesuai dengan gaya belajar masing-masing peserta didik. Jadi beberapa peserta didik yang memiliki gaya belajar yang sama dikelompokkan menjadi satu. Hal itu dimaksudkan agar mempermudah peserta didik dalam sebuah pembelajaran.

3.      Pemberian Materi
Setelah pengelompokkan, lalu pendidik memberikan materi secara garis besarnya, setelah itu pendidik memberikan instruksi mengenai materi yang harus dicari oleh peserta didik, setiap kelompok diberikan materi yang sama dan tugas dengan tingkat kesulitan yang sama.

4.      Pembelajaran Mandiri
Pembelajaran mandiri ini dilakukan oleh peserta didik. Peserta didik bebas mencari materi dengan media apa saja dengan cara apa saja sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing.

5.      Diskusi
Setelah pencarian materi oleh individu atau pembelajaran mandiri, lalu langkah selanjutnya adalah diskusi di dalam kelas. Di dalam kelas dilakukan diskusi tentang pendapat-pendapat yang didapat oleh masing-masing peserta didik dalam kelompok. Tugas pendidik disini adalah meluruskan pernyataan-pernyataan dari peserta didik, namun jangan membuang suatu pendapat dari peserta didik, cukup diluruskan saja.

6.      Kesimpulan
Setelah diskusi dan pendapat dari peserta didik diluruskan oleh pendidik, lalu selanjutnya masing-masing kelompok gaya belajar itu menyimpukan suatu kesimpulan pada diskusi tersebut.

D.    Evaluasi Model Pembelajaran “MEGA MENDUNG”
Bentuk evaluasi dari model pembelajaran ini adalah dengan menulis essay secara mandiri/individu. Dengan evaluasi bentuk essay ini penidik akan mengetahui hasil dari pembelajaran individual yang dilakukan oleh peserta didik. peserta didik melalui evaluasi ini dapat mengetahui bagaimana dia mengolah informasi yang didapatkannya sesuai dengan gaya belajarnya. Namun dengan model test essay ini akan membuat pendidik bekerja dua kali lebih keras karena setiap jawaban dari peserta didik akan berbeda, sesuai dengan informasi yang didapat dan bagaimana proses mengolahnya.

Categories: Share

Leave a Reply