Desain Forum Komunikasi


Desain Forum Komunikasi Pembelajaran
Kesulitan Belajar Sejarah Di Kalangan Siswa SMA
·         Masalah :
Di zaman sekarang ini banyak sekali pelajaran-pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa SMA, dan salah satu pelajaran tersebut adalah pelajaran sejarah. Kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari pelajaran sejarah, banyak sekali kendala-kendala yang disampaikan oleh siswa, dari segi materi maupun dari segi komunikator yang menyampaikaan informasi, contohnya terlalu banyak tokoh dan tahun-tahun kejadian sejarah tersebut yang harus dihafalkan, lalu guru dalam menyampaikan materi terlalu monotone dan sangat membosankan, dan juga terlalu sulit membayangkan peristiwa sejarah tersebut.
Sejarah jika dipikir juga merupakan pelajaran yang penting, karena termasuk aset bangsa dan harus diketahui oleh generasi selanjutnya.
·         Pilihan model komunikasi : komunikasi transmisi
Argument :
Saya memilih komunikasi transmisi dalam pembelajaran sejarah dikalangan siswa SMA karena menurut saya pelajaran sejarah adalah pelajaran yang tidak membutuhkan pendapat-pendapat dari siswa, karena pelajaran sejarah sudah tetap begitu adanya dan memang benar begitu kejadiannya, karena pelajaran sejarah adalah pelajaran yang membicarakan masa lampau yang telah terjadi dan memang begitu adanya. Jadi dalam belajar sejarah yang dibutuhkan hanyalah keaktifan komunikator dan juga pemanfaatan media pembelajaran saja, sedangkan komunikan hanya menyimak dan mungkin hanya memberikan tanggapan dalam bentuk pertanyaan. Tetapi selain komunikator, komunikan dapat mendapat ilmu-ilmu sejarah melalui berbagai media, contohnya saja internet, buku, dan sebagainya.
·         Forum Komunikasi : kelas, tempat bimbingan belajar.
Argument :
1.      Kelas
Kelas adalah tempat yang paling sering digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Kebanyakaan siswa mendapat ilmu di dalam kelas, semua ilmu tidak terkecuali sejarah. Tetapi di dalam kegiatan pembelajaran sejarah di kelas, kebanyakan siswa mengalami kesulitan, kesulitan-kesulitan ini muncul mungkin karena dalam pembelajaran tersebut medianya kurang menarik, atau komunikator yang kurang bisa memberikan informasi kepada siswa atau komunikan.
2.      Tempat Bimbingan Belajar
Tempat bimbingan belajar adalah tempat dimana siswa mendapatkan ilmu tambahan, dari yang tidak tahu akan menjadi tahu. Biasanya proses pembelajaran di dalam bimbingan belajar lebih dirasa efektif, karena dalam prosesnya tidak terlalu kaku seperti di sekolah, biasanya pembelajaran yang dilakukan adalah proses pembelajaran yang mengasyikan, mudah dipahami, dan tidak membosankan. Contohnya saja seperti membuat singkatan-singkatan yang mudah dihafal, atau membuat peta konsep yang penuh warna sehingga siswa dapat dengan senang dan cepat dalam belajar. Seprti halnya sejarah, jika proses belajar dan penyampaian informasinya benar, maka siswa akan cepat pula dalam memahami pelajaran sejarah.
·         Komunikator : Guru, Tentor
1.      Guru
Dalam hal pembelajaran, khususnya pelajaran sejarah guru adalah komunikator paling penting dalam pembelajaran ini, karena tanpa adanya penjelasan dari guru siswa tidak akan mendapatkan ilmu. Tetapi dalam pelajaran sejarah guru sebaiknya merubah cara menyampaikan informasi, supaya siswa bias dapat lebih mengerti dan tidak bosan, contohnya saja karena bosan siswa mengantuk, lalu karena tidak mengerti, siswa tidak dapat mengerjakan soal ujian dengan lancar. Mungkin untuk mengubah cara penyampaian informasi, guru dapat menggunakan media-media, supaya siswa dapat merasa nyaman dan senang dalam belajar, sehingga hasil yang didapat juga baik.
2.      Tentor
Tentor adalah pengajar-pengajar yang biasanya mengajar di dalam bimbingan belajar. Metode belajar yang diterapkan oleh tentor biasanya lebih bisa dipahami oleh siswa, karena mungkin tidak membosankan. Tentor dapat menerapkan proses belajar yang seperti itu dipengaruhi oleh tingkat pendidikan dan juga lingkungan dan fasilitas yang mendukung.
·         Komunikan : Siswa
Dalam hal ini siswa berperan sebagai penerima informasi, tetapi paham atau tidak pahamnya siswa tidak hanya terpengaruh pada diri siswa itu sendiri, tetapi juga pada jelas atau tidaknya informasi yang diberikan.
·         Pesan :
Seperti yang kita ketahui, pelajaran sejarah adalah pelajaran yang sulit dan membosankan dikalangan para siswa, hal ini disebabkan kebanyakan materi yang dipelajari adalah berupa hafalan yang jumlahnya sangat banyak, berbagai nama, tahun, dan lain-lain. Maka dari itu terkadang pelajaran sejarah dianggap sebagai pelajaran yang susah dipahami, dan kadang dianggap sebagai monster. Untuk mengubah anggapan siswa tersebut sebaiknya kita melakukan pembelajaran yang berbeda, yang biasanya hanya terpaku pada buku yang hanya terdiri dari tulisan dan kalimat yang banyak, dibuat menjadi pembelajaran yang menggunakan ringkasan-ringkasan dengan gambar yang menarik dan penuh warna, karena biasanya suatu keterangan yang ditulis dengan menggunakan warna-warna tertentu akan lebih bisa diingat dan akan tahan lama di dalam pikiran. Lalu pembelajaran yang menggunakan peran guru sebagai komunikator, dan biasanya guru menjelaskan hanya dengan lisan, biasanya siswa yang hanya mendengar penjelasan seperti ini gambaran tetntang keadaan sejarah tersebut kurang, maka kita coba terapkan pembelajaran yang menggunakan video, supaya gambaran yang diterima siswa lebih jelas, tetapi supaya lebih menarik dan tidak membosankan, lebih baik video yang diputarkan adalah video animasi yang menarik dan di selingi dengan beberapa humor, tetapi unsur-unsur sejarah harus tetap nomor satu, contohnya saja cerita tentang perang dunia kedua yang dirancang menjadi kartun.
·         Media : Video
Dalam pelajaran sejarah ini saya memilih menggunakan video, karena menurut saya video adalah media yang cukup efektif, karena biasanya dalam pembelajaran sejarah yang menyusahkan adalah bagaimana gambaran kejadian pada saat itu, jadi video lumayan efektif. Namun jika hanya video-video sejarah biasa pasti juga tidak terlalu efektif, karena mungkin susah dipahami dan mungkin juga membosankan, maka menurut saya sebaikya video yang akan disajikan untuk pelajaran sejarah ini adalah video animasi, karena kebanyakan siswa zaman sekarang sangat suka dengan hal yang berbau animasi, dan juga supaya siswa tidak bosan.
·         Umpan Balik :
Diwaktu sekarang pelajaran sejarah masih dianggap susah bagi para siswa, mungkin dikarenakan siswa tersebut kurang berminat dalam belajar sejarah, ataupun informasi yang disampaikan oleh guru masih membingungkan siswa. Di SMA saya dulu nilai sejarah kebanyakan siswa masih buruk, terbukti dengan seringnya melakukan pengulangan setelah ujian, dikarenakan nilai siswa belum mencukupi. Yang saya harapkan jika model pembelajaran seperti memutarkan video animasi tentang sejarah, lalu membuat ringkasan yang berbobot disertai dengan warna-warna tertentu supaya mudah dalam penghafalan, adalah dapat meningkatkan minat belajar sejarah bagi para siswa, supaya jika siswa yang belajar sejarah ini sudah dewasa, mereka dapat menceritakan sejarah tersebut kepada anak-cucunya, karena sejarah juga merupakan hal yang perlu diketahui oleh generasi selanjutnya, lalu semoga dapat mendongkrak nilai sejarah siswa supaya menjadi lebih baik.

Categories: Share

Leave a Reply